Laman

Mengapa memilih SMK?




memilih copyPertanyaan diatas mungkin muncul karena kebanyakan orang memilih sekolah menengah kejuruan, sebenarnya apa sih kelebihan SMK dibandingkan dengan SMA? kita harus berpikir cerdas dalam menentukan masa depan kemana arah yang akan kita capai dalam meraih cita-cita.
Seperti yang sudah kita ketahui ada 2 alternatif yang bisa dipilih setelah kita lulus dari SMP yaitu Sekolah Menengah Umum (SMA)dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dua Jenis sekolah diatas memiliki perbedaan yang signifikan jika kita melihat secara lebih seksama. anak-anak pada umumnya lebih bangga memilih meneruskan ke SMU daripada ke SMK. Hal tersebut timbul karena mereka menganggap bahwa masuk SMU itu lebih bergengsi daripada masuk SMK. Seiring berjalannya waktu, anggapan SMU lebih bergengsi daripada SMU mulai memudar. Hal tersebut timbul karena jika lulusan SMU tidak melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi maka mereka tidak memiliki skill yang menyokong mereka untuk terjun ke bursa kerja.
Berbeda halnya dengan lulusan SMK, para siswa lulusan SMK relatif lebih mudah bekerja karena sejak awal masuk sekolah mereka telah dibekali Skill yang menunjang mereka untuk terjun ke dunia usaha. Mereka telah dibekali Skill yang menunjang mereka untuk bekerja di suatu perusahaan ataupun Ber-Wirausaha.

Dengan modal tersebut siswa lulusan SMK lebih produktif dibandingkan dengan lulusan SMU. Selain lulusannya siap bekerja, siswa lulusan SMK juga masih memiliki peluang terbuka untuk melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi.

berikut adalah kelebihan SMK dibandingkan dengan SMU :
  • Siswa memiliki Skill yang bermanfaat untuk dunia kerja
  • Membina dan mengembangkan bakat siswa dalam suatu program keahlian
  • Mencetak Lulusan yang Siap Guna
  • Siswa memiliki kemampuan ber-Wirausaha
  • Mengurangi Pengangguran 
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com