Laman

Nasihat yang baik tentang ilmu

Ilmu pengetahuan
adalah sebaik-baik sesuatu yang disukai

Ilmu pengetahuan adalah sebaik-baik sesuatu yang disukai, sepenting-pentingnya sesuatu yang dicari dan merupakan sesuatu yan paling bermanfaat, daripada selainnya. Kemuliaan akan didapat bagi pemiliknya dan keutamaan akan diperoleh oleh orang yang memburunya.
Ilmu sendiri merupakan sebuah keutamaan, dimana  seseorang akan merasakan kenikamatan dalam pergelutannya dengan ilmu, memberinya manfaat bagi dirinya, memperbaiki akhlaknya, memberikan jalan keluar bagi kebuntuan pikirannya, serta menunjukkannya jalan menuju keselamatan dan kebahagian baik di dunia maupun akhirat.
Dalam hubungannya dengan makhluk-makhluk sekitarnya, orang yang berilmu memberikan banyak manfaat kepadda mereka, membantu mengeluarkan mereka dari sebuah masalah, menunjukkan kepada mereka kebenaran, dan menghindarkan mereka dari jurang  kenistaan, yaitu kesengsaraan yang abadi di akhirat. Selain itu, ilmu adalah sebuah petunjuk bagi maju atau berkembangnyasebuah peraddaban bangsa. Artinya, kemajuan sebuah bangsa dapat dilihat melalui kemajuan ilmu pengetahuan yang ada dalam lingkungan mereka. Karena pentingnya ilmu dan banyaknya faedah yang terkandung di dalamnya, para ulama menyimpulkan bahwa menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslimin dan muslimat.
By ridho

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com